Cara Menumpas Virus 'Tukul'


Jakarta - Jika virus VBWorm.NEE yang memanfaatkan guyonan pelawak Tukul Arwana ini sudah menyebar, pemilik komputer yang terinfeksi pasti bukan bakal dibuat tertawa melainkan malah pusing.

Untuk itu perusahaan antivirus Vaksincom memberikan cara yang bisa digunakan pemilik komputer untuk menumpas virus 'Tukul' ini:

1. Putuskan hubungan komputer yang akan dibersihkan dari jaringan jika terhubung ke LAN (Lokal Area Network)
2. Matikan proses virus, silahkan gunakan tools currprocess http://www.nirsoft. net/utils/ cprocess. html, kemudian matikan proses yang mempunyai gambar 'Video Media Player'.
3. Hapus string registry yang dibuat oleh virus, untuk mempercepat proses penghapusan registry tersebut salin script dibawah ini pada notepad kemudian simpan dengan nama 'repair.vbs'. Setelah itu jalankan file tersebut kemudian logoff komputer
4. Jika menggunakan Windows ME/XP, disable 'System Restore' untuk sementara selama proses pembersihan berlangsung.
5. Hapus file induk dan file copy VBWorm.NEE yang dibuat oleh virus dengan terlebih dahulu menampilkan file/folder yang disembunyikan. Gunakan folder option untuk menampilkan file/folder yang disembunyikan, dengan ciri-ciri: berukuran 56 KB,ekstensi .DOC .EXE dan tipe file Application.

Untuk mempercepat proses penghapusan virus tersebut, gunakan tools Search Windows, dengan setting berikut:
-. All or part of the file name, isi dengan *.EXE
-. Look in, isi dengan Drive yang Anda miliki
-. What size it is? Pilih Specify size (in KB)
-. More Advanced options, pilih Type of file : (All File and Folders), Search System (folders), Search (hidden files and folders), Search (sub folders).

6. Untuk pembersihan optimal dan mencegah infeksi ulang, lindungi komputer dengan kontrol antivirus up-to-date.
( ash / ash )

1 comment:

Anonymous said...

Terima kasih untuk blog yang menarik