Tiga Rekening Bank Tukul


Dulu... Jujur saja, aku sedih. Yang membuatku tambah sedih, istriku sedang hamil. Selain itu, sebentar lagi Lebaran. Sebelumnya aku berharap, bila masih di Srimulat, aku akan dapat THR. Di saat itu, angin segar sedikit berembus. Aku dapat tawaran tampil di Ludruk Glamor SCTV. Lama-lama aku semakin menemukan jalan untuk terus dapat pekerjaan.

Aku semakin bersemangat cari uang setelah anakku lahir tahun 1999. Demi mendapatkan penghasilan, tawaran apa saja dan di mana saja kuterima. Sayang, ketika Novi lahir, aku tidak di Jakarta. Saat itu, aku sedang mengisi acara di Sumatera. Dari honor yang kuterima, aku bisa menyelenggarakan pengajian selamatan anakku.

Begitu anakku lahir, rezeki terus meningkat. Aku sering tampil di berbagai acara. Karierku semakin berkembang. Tak kuduga, aku kembali ditarik ke Srimulat. Tawaran melawak semakin banyak. Bila dulu penghasilan pas-pasan bahkan kurang, sekarang alhamdulillah enggak lagi seperti dulu.

Salah satu kuncinya, aku enggak pilih-pilih tawaran. Namun, ada lagi yang membuatku semakin banyak tawaran. Apa itu? Aku memanjangkan kumis seperti sekarang. Mirip ikan arwana, ya? Ha ha ha. Yang pasti aku bersyukur rezeki semakin banyak.

Rumah yang dulunya kontrak satu petak, sekarang sudah kubeli. Kiri, kanan dan belakang rumah itu pun sudah aku beli. Aku bisa memperbaiki rumah. Sekarang rumahku sudah tingkat. Aku juga punya beberapa rumah untuk dikontrakkan. Penghasilan keluarga kami enggak lagi tergantung dari melawak.

Agar tertib administrasi, aku punya tiga rekening di bank. Satu untuk transfer pembayaran pekerjaan di televisi, satu untuk pekerjaan off air, dan satu lagi untuk pembayaran kontrak rumah.