Di Mekkah, Tukul Ngaku Cover Boy

Kapanlagi.com - Bukan Tukul Arwana namanya kalau tidak bisa membuat ketawa orang-orang di sekitarnya. Bahkan saat beribadah di Tanah Suci, Tukul kerap menjadi pusat perhatian orang-orang yang mengenal dirinya. Bahkan tak sedikit jamaah yang meminta foto bersama dirinya.

"Waktu di sana, banyak yang minta foto, bahkan orang luar ada yang tanya, 'Who is that?' saya jawab, 'This is the best cover boy'," kelakar Tukul dengan logat Inggris saat ditemui usai mendarat di Bandar Udara Internasional, Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Rabu (26/12).


Tukul tidak berangkat sendiri saat menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Bersamanya, pria asal Semarang itu juga menghajikan Susiana, istrinya, seorang bibi, dan sahabat sekaligus guru spiritualnya, Gus Tanto.


Tukul mengaku banyak hikmah yang berhasil dia petik dari ibadah haji pertamanya itu. Tukul yang beberapa waktu lalu begitu fenomenal sebagai pembawa acara dengan bayaran selangit, merasa kecil di hadapan Ka'bah. "Cuma memakai pakaian Ihram. Rasanya nggak ada apa-apanya. Kesempatan yang baik untuk introspeksi diri," ujarnya.


Saat menjalankan ibadah, istri Tukul tengah hamil empat bulan. Kandungan Susiana, jelas Tukul, sama sekali tidak menghambat niat dia dan istrinya untuk beribadah. "Kalau ada yang bisa ditinggalkan, ganti dengan membayar dam (denda bagi para jamaah haji-red). Yang penting hati-hati saja," katanya.


Bagi Tukul, pengalaman yang paling menarik selama di sana adalah saat mengunjungi Gua Hira. "Nggak semua orang bisa sampai sana. Kalau niatnya nggak kuat bisa kecapaian duluan. Jalannya menanjak. Beruntung sekali saya bisa sampai di sana," katanya. (kpl/fia)

No comments: