Tukul & Thukul



Yang satu, bernama Tukul "Reynaldi" Arwana. Nama aslinya katanya "Riyanto" berhubung sakit-sakitan ditambahkan nama Tukul, dan kini menjadi terkenal dengan nama tersebut (www.tukularwana.com). Pelawak yang sedang kondang-kondangnya berkat acara "Empat Mata". Melambungkan nama Tukul menjadi pelawak selebritis dan meninggalkan masa lalunya yang penuh dengan kekurangan. Saat ini, karir yang bersangkutan, sedang kinclong-kinclongnya, setelah malang melintang dalam dunia perlawakan yang juga keras itu.

Yang satu lagi adalah Widji Thukul, alias Widji Widodo, aktivis yang dinyatakan hilang karena peristiwa 97-98 saat Orde Baru lengser karena desakan mahasiswa yang kemudian dikenal dengan reformasi. Banyak aktivis selain Thukul yang hilang dan sampai saat ini belum kembali.
Beredar khabar bahwa yang menculik adalah Tim Mawar dari Kopassus sebagaimana dijelaskan dalam Wikipedia.

Apa persamaan keduanya?

Kedua-duanya, sama-sama dikenal namanya, satu sebagai pelawak sukses, sementara yang satu lagi dikenal karena masih hilang.

Perbedaannya, memang jelas terlihat. Tukul (tanpa huruf H), saat ini bergelimang dengan kesuksesannya, sementara Thukul (dengan huruf H), sampai dengan saat ini tak tentu rimbanya. Apakah masih hidup dan ditahan di sel? ataukah sudah mati? (tetapi Sipon, Istri Thukul, mempunyai keyakinan (bukan harapan) bahwa suaminya tersebut masih hidup, karena dalam salah satu puisinya, Thukul meyakinkan bahwa dirinya akan kembali (tetapi entah kapan). Setidaknya keyakinan itu ada dalam salah satu acara Kick Andy yang ditayangkan minggu lalu.

oleh : http://thetrueideas.multiply.com

No comments: