Tukul Arwana Bintangi Iklan Pilgub Jateng 2008

Kapanlagi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memutuskan untuk merangkul pelawak Tukul Arwana untuk menjadi bintang iklan yang mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Gubernur Jateng 2008.
Anggota KPU Jateng Ida Budhiati di Semarang, Kamis (31/1) mengatakan, pemilik nama asli Riyanto kelahiran Semarang itu dipilih untuk memerangi golput pada Pilgub Jateng yang digelar 22 Juni 2008 karena dia familiar dan amat populer.

Popularitas Tukul itulah yang diharapkan menjadi daya tarik banyak orang agar mau menggunakan hak pilihnya dalam pilgub. "Materi iklan untuk tayangan di televisi lokal itu masih proses pembuatan," kata Ida.

KPU Jateng memang mengerahkan segala daya, agar partisipasi pemilih dalam pilgub nantinya cukup tinggi, sebab ada gejala meningkatnya jumlah golput di sejumlah daerah yang menggelar pemilihan bupati dan wali kota.

Karena itu, meskipun biaya mengontrak Tukul Arwana lumayan tinggi, sekitar Rp30 juta, KPU Jateng tetap memilih Tukul untuk memerangi golput pada pilgub mendatang. Anggaran untuk membayar presenter Empat Mata ini diambilkan dari pos sosialisasi pilgub.

Menurut rencana, tayangan iklan layanan masyarakat yang dibintangi Tukul itu bakal disiarkan stasiun televisi lokal yang ada di Jateng. Namun Ida belum bisa menyebutkan, berapa lama durasi tayangan tersebut.

KPU Jateng optimistis, semua langkah yang dilakukan, termasuk menggandeng Tukul, pilgub Jateng yang akan diikuti sekitar 26 juta pemilih itu bakal sukses.

No comments: